header umma faha

JURNAL FAHA: Mana Gaya Rambutmu (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka memulai tantangan hari keduabelas Komunitas Binar Bermain Belajar penuh semangat. Kali umma membuat tema mengenai memotong rambut, inspirasinya dari gaya rambut Rasulullah, banyak hadist menceritakan mengenai ini. Umma kemudian menggunakan Al Ahzab ayat 21 sebagai berikut :

 

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا

Laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā

 

 “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS 33 :21)

 

Judul Kegiatan        : Mana Gaya Rambutmu?

Hari, Tanggal           : Sabtu, 14 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah memberikan peringatan tentang gaya rambut

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata dan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan perintah memelihara dan memotong rambut

-          Berpikir simbolik

Mengenal ekpresi, besar kecil, tinggi pendek, rambut

-          Seni

Membuat imajinasi model rambut dengan memotong

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan karton, kertas origami, gunting, double tape, lem, spidol. Umma membuat beberapa gulungan kertas dengan ukuran besar dan tinggi yang berbeda sebagai boneka. Lalu umma mengambar wajah pada gulungan tersebut dengan berbeda ekspresi. Pada saat bermain umma mulai dengan bismillah membacakan ayat Al Ahzab ayat 21, menjelaskan kandungan dari ayat tersebut sembari memberi intruksi kaka untuk menunjukkan dan menyebutkan warna boneka yang memiliki rambut paling tinggi, paling pendek, paling besar. Kaka diberi pertanyaan bagaimana ekspresi boneka apa senang, sedih atau tidur. Barulah umma memberi intruksi untuk memotong rambut para boneka karena sudah waktu potong rambut.

 

Refleksi                     :

Kaka Fa sangat bersemangat ketika umma mempersiapkan boneka kertas, sampai-sampai mau ke kamar mandi dia tunda dulu untuk ikut merecoki. Hahaha. Kaka begitu bahagia terlihat ekpresinya disiang hari yang mendung dan panas siang tadi. Kaka dengan percaya diri menyebutkan klasifikasi ukuran dan tinggi serta warna rambut dari boneka kertas. Kaka dengan bahagia dan percaya diri mengunting menggunakan gunting “sebenarnya”. Kaka mulai tertarik menggunting sejak menginjak 3 tahun, dengan curi-curi menggunakan gunting umma yang tersimpan dilaci meja. Sayangnya baru awal bulan ini umma menemukan gunting khusus untuknya untuk belajar. Awal belajar dia kesal karena tidak langsung terpotong seperti gunting umma, namun lama-lama dia belajar memegang dengan benar lewat gunting khususnya ini. Alhamdulillah hasilnya terbukti untuk permainan hari ini. Masyallah..

 

                                                     Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #diriku #37bulan #day13

 

Related Posts

Posting Komentar