header umma faha

JURNAL FAHA: Kipas Merah Putih

Posting Komentar

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka bermain yang mudah saja . Pada kegiatan kali ini umma menggunakan ayat Asy-Syura Ayat 33 sebagai berikut :

 

إِن يَشَأْ يُسْكِنِ ٱلرِّيحَ فَيَظْلَلْنَ رَوَاكِدَ عَلَىٰ ظَهْرِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ

Iy yasya` yuskinir-rīḥa fa yaẓlalna rawākida 'alā ẓahrih, inna fī żālika la`āyātil likulli ṣabbārin syakụr

 

“Jika Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya) bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur,” (QS 42:33)

 

Judul Kegiatan        : Kipas Merah Putih

Hari, Tanggal           : Sabtu, 21 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah mengatur perjalanan kapal

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata dan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan kipas

-          Berpikir simbolik

Mengenal warna, simbol kipas

-          Seni

Menyusun kertas berwarna bendera

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan kertas origami merah dan putih, stik es krim, lem pvac, isolasi. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan ayat Asy-Syura Ayat 33, menjelaskan kandungan dari ayat tersebut sembari menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma memberi intruksi kaka untuk memotong kertas origami menjadi dua bagian. Lalu menyambungkannya menjadi bendera merah putih yang panjang. Umma memberi contoh melipat bendera kemudian kaka diberi intruksi melanjutkannya. Kakak kemudian diintruksi memasang stik es krim pada kedua sisi bendera.

 

Refleksi                     :

Hari ini kaka bermain bersama adik namun adik hanya melihat saja. Kaka memulai memotong namun posisinya tidak ditengah, saat umma memberi intruksi mengubah arah gunting kaka menjadi menyerahkan pada umma. Hiks. Next time umma harus mempercayakan pada kemampuan kaka. Note! Kaka percaya diri mengelem bagian yang umma tunjuk, menempelkan sesuai intruksi umma. Kaka bingung saat umma mulai melipat, dan memperhatikannya dengan seksama. Kaka melanjutkan beberapa lipatan terakhir dengan susah payah. Next time kaka harus lebih banyak berlatih ya. Kemudian kaka dengan percaya diri ketika menempel stik es krim. Sayangnya pemilihan lem kurang tepat, sehingga kaka saat menggunakan isolasi agak kesusahan akhirnya umma bantu. Kegiatan kali ini adalah trial and error untuk umma sendiri, sehingga saat umma rasa oke ternyata kipasnya belum ok dan menjadi pertanyaan kaka kok bentuknya aneh. Hahaha. Setelah beberapa reparasi Alhamdulillah kipasnya selesai dan kaka begitu senang memainkannya.

 

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #indonesia #hutri #38bulan #day20

 


Related Posts

Posting Komentar