header umma faha

JURNAL FAHA: Celengan Semangka (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka memulai tantangan hari ketujuhbelas dengan seru meskipun sudah menjelang waktu tidur karena Umma dari pagi hari pergi menemani Abi untuk kontrol. Pada kegiatan kali ini umma menggunakan Al Isra ayat 29 sebagai berikut :

 

وَلَا تَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُولَةً إِلَىٰ عُنُقِكَ وَلَا تَبْسُطْهَا كُلَّ ٱلْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُومًا مَّحْسُورًا

Wa lā taj'al yadaka maglụlatan ilā 'unuqika wa lā tabsuṭ-hā kullal-basṭi fa taq'uda malụmam maḥsụrā

 

“Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal.” (QS 17 :29)

 

Judul Kegiatan        : Celengan Semangka

Hari, Tanggal           : Rabu, 18 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Spontan

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah memberikan menghemat

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata, tangan dan kaki

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan menanam, memanen, menabung, berhemat

-          Berpikir simbolik

Mengenal tanaman, uang

-          Seni

Menempel dan menyusun

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan kertas bergambar semangka, potongan kardus bekas, lem, cutter, uang koin dan celengan. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan ayat Al Isra ayat 29, menjelaskan kandungan dari ayat tersebut sembari menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma meminta kaka membuka wadah lem, mengoleskannya pada kardus kemudian menempelkan gambar semangka. Umma mengambil alih pada bagian membuat lubang sembari kaka membantu meletakkan koin. Setelah selesai celengan semangka digunakan untuk perlombaan. Kaka dan adik mengambil koin pada semangka satu persatu kemudian lari dan dimasukkan dalam celengan mereka.

 

Refleksi                     :

Kaka Fa hari ini bermain ditemani oleh adik dan kakak-kakak tetangga. Meski sudah lepas dhuhur anak-anak masih tegar sekali karena pagi tadi tidak terlalu banyak gerak ketika umma tinggal pergi. Sejujurnya ingin umma tunda sore, namun kaka memberikan ekpresi tersirat “ma main yuk ! ”. kaka sudah dengan percaya diri membuka lem, mengeluarkannya secukupnya, mengoleskannya pada kardus. Namun kaka belum bisa meratakannya dengan baik sehingga umma bantu. Kaka kemudian menempelkan kertas gambar semangka lalu dengan sigap ditekan-tekan agar menempel sempurna. Takjub bersyukur melihat adanya peningkatan skill kaka secara melonjak semoga umma terus bisa konsisten membersamai anak-anak. Setelah itu umma membuat garis-garis dengan cutter, setelah selesai kaka dan adik memasukkan koin ke dalam garis-garis sebagai ilustrasi menanam.

Umma kemudian letakkan celengan semangka dimeja kecil, kaka dan adik bersiap di kejauhan dengan celengan masing-masing bersama kakak-kakak tetangga. Umma memberi intruksi mengambil koin satu persatu sebagai ilutrasi memanen, kemudian diletakkan dicelengan sebagai ilutrasi menghemat. Perlombaan kali ini begitu seru sekali dengan tim hore yang super heboh, sayangnya keramaian tersebut malah membuat adik malu, sehingga kaka pemain tunggal. Kaka yang tahu lawannya sembunyi akhirnya melakukan perlombaan dengan super duper santai tanpa berlari-lari seperti sebelumnya. hahaha

 

                                                     Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #indonesia #hutri #38bulan #day17

  
x

Related Posts

Posting Komentar