header umma faha

JURNAL FAHA: Bendera Merah Putih (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

 

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka memulai tantangan pekan ketiga bertema Indonesia dengan sub tema Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka hore-hore. Pada kegiatan kali ini umma menggunakan An Nisa ayat 66 sebagai berikut :

 

يُوعَظُونَ بِهِۦ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا

Walau annā katabnā 'alaihim aniqtulū anfusakum awikhrujụ min diyārikum mā fa'alụhu illā qalīlum min-hum, walau annahum fa'alụ mā yụ'aẓụna bihī lakāna khairal lahum wa asyadda taṡbītā

 

“Dan sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka: "Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu", niscaya mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka. Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka),” (QS 4 :66)

 

Judul Kegiatan        : Bendera Merah Putih?

Hari, Tanggal           : Senin, 16 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah memberikan perintah mencintai tanah air

-          Motorik

Mengkoordinasikan mata, tangan dan kaki

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan bendera indonesia

-          Berpikir simbolik

Mengenal warna bendera

-          Seni

Menyusun kertas warna menjadi bendera

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa percaya diri terhadap karya diri sendiri

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan potongan kertas crepe merah putih, lem pvac, stik eskrim, tusuk sate ayam, tray telur bekas. Hari ini umma mulai dengan bismillah membacakan ayat al An Nisa ayat 66, menjelaskan kandungan dari ayat tersebut sembari menjelaskan proses yang akan dikerjakan. Umma membagi potongan kertas merah dan putih kemudian memberi contoh memberi lem, menempelkan dan mengkaitkan tusuk sate.

 


Refleksi                     :

Kaka Fa hari ini bermain ditemani oleh adik. Keduanya sangat bersemangat menerima potongan kertas crepe dan secara seksama mengamati umma mencontohkan. Ditengah-tengah tutorial dengan percaya diri kaka mengambil lem dengan jumlah banyak yang mengakibatkan kertas menjadi rapuh dan membuat dirinya bingung. “Ma ma…”. Motorik kaka dan adik belum terasah terutama menggunakan lem pvac ini karena biasanya menggunakan lem stik. Umma akhirnya membantu memberi lem, kemudian kaka dan adik menempel kertas warna merah dan putih, serta mengaitkan tusuk sate. Kaka dan adik begitu gembira ketika bendera sudah jadi. Keduanya dengan suka cita memegang bendera kemudian dikibas-kibaskan. Kaka ketagihan membuat bendera hingga kertas crepe yang umma sediakan habis. Kaka Alhamdulillah mampu membuat 5 buah bendera dengan segala kehebohannya.

Euphoria yang keduanya miliki, langsung umma eksekusi dengan perlombaan mengambil bendera merah putih bersama adik. Keduanya bersiap di samping umma untuk mengambil bendera yang sudah umma tancapkan di tray telur bekas jauh di depan. Lalu umma memberi aba-aba untuk mengambil bendera satu persatu. Masyallah mereka sangat bersemangat, lucunya adik mengambil bisa lebih dari satu, namun ketika diberi intruksi ulang adik dengan ikhlas mengembalikannya. Hahaha. Perlombaan diulang sebanyak 3 set. Lalu ada anak-anak yang sedang bermain di pos RT sebelah rumah tertarik dengan keramain kami dan ikut berlomba sebanyak 1 set. Memang keduanya tipe kinestik paling suka dengan permainan berkonsen seperti ini. Note!

 

                                                     Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #indonesia #hutri #38bulan #day15

 

Related Posts

Posting Komentar