header umma faha

JURNAL FAHA: Balon Roket (@binarbermainbelajar)

Posting Komentar

 

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Hari ini umma dan kaka memulai tantangan hari keenam Komunitas Binar Bermain Belajar pada siang hari selepas umma mengerjakan tugas domestik yang tertunda paska booster vaksin. Alhamdulillah kaka bersemangat ketika umma mengajak kaka bermain di siang yang panas. Pada kegiatan kali ini umma menggunakan surat Saba ayat 2 sebagai berikut :

 

يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى ٱلْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا ۚ وَهُوَ ٱلرَّحِيمُ ٱلْغَفُورُ

Ya'lamu mā yaliju fil-arḍi wa mā yakhruju min-hā wa mā yanzilu minas-samā`i wa mā ya'ruju fīhā, wa huwar-raḥīmul-gafụr

 

“Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang ke luar daripadanya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dialah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun (QS. 34:2)

 

Judul Kegiatan        : Balon Roket

Hari, Tanggal           : Sabtu, 7 Agustus 2021

Kategori Kegiatan : Terencana

Ekspresi anak          : Antusias

Tujuan kegiatan     :

-          Agama

Memulai semua kegiatan dengan bacaan basmalah

Mengetahui bahwa Allah pemberi petunjuk

-          Motorik

Mengkoordinasikan tangan

-          Kognitif

Mendapat pengetahuan proses roket meluncur

-          Berpikir simbolik

Mengenal roket sebagai teknologi manusia ke luar angkasa

-          Steam

Membuat simulasi teknologi canggih dari benda yang sering digunakan sehari-hari

-          Sosial emosional

Menunjukkan rasa takjud atas teknologi

 

Tahapan kegiatan  :

Kegiatan hari umma awali dengan menyiapkan balon, sedotan, selotip, klip, benang dan gunting. Setelah membaca basmalah dan ayat, umma menjelaskan arti ayat sembari merakit bahan yang telah disediakan. Pertama umma meniup balok sampai ukuran yang diiginkan lalu mejepitnya dengan klip, menempelkan sedotan pada balon dengan selotip. Kemudian umma memasukkan benang pada sedotan. Setelah itu mengikat kedua ujung benang sepanjang ruang tamu pada teralis. Balon umma letakkan diujung ruangan. Siang ini kaka ditemani oleh adik, mereka berdua menunggu balon diujung ruangan lainnya. Umma bersama adik dan kaka menghitung mundur 4,3,2,1, kemudian umma lepaskan klip. Kaka dan adik berteriak seru kegirangan saat balon meluncur ke arah mereka dengan cepat.

 


Refleksi                     :

Kegiatan hari ini kaka Fa awalnya malas-malasan karena cuaca sangat panas dan gerah. Kaka tidak henti bermain sembari rebah di depan televisi. Saat umma siap bermain dan mengajukan tawaran kaka langsung bersemangat sekali. Kaka ditemani adik membeli balon terlebih dahulu di warung sebelah rumah dengan riang gembira. Kaka dan adik tidak sabar saat umma membaca ayat dengan berusaha merebut gunting dan selotip. Saat umma mulai merangkai permainan kaka dan adik ingin membantu tapi malah merecoki terutama saat memasukkan benang ke sedotan yang butuh usaha lebih. Saat umma memasang benang dan melihat balon terayun diatas kepala mereka masih belum paham apa yang akan terjadi. Banjir pertanyaan terlontar tiada henti. Saat umma mengajak berhitung dan meminta keduanya menunggu diujung mereka awalnya ogah-ogahan karena malah menjauhi balon. Saat umma melepas klip yang diikuti roket balon meluncur, mereka langsung berteriak dan tertawa bahagia. “Lagi, lagi, lagi ma”. Alhamdulillah mereka senang dan takjud atas balon roket siang itu. Kami mengulang permainan berkali-kali hingga umma kehabisan nafas meniup balon.

  

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

#playwithummafaha #30haribermainbersamaanak #idebermainanak #idemainseru #dirumahsaja #gerakanbinar #binarbatch8 #binaractivitychallenge #temamingguan #alam #37bulan #day6

 

Related Posts

Posting Komentar